Menurut  kamus umum bahasa Indonesia karya WJS Poerwadarminta, Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada). Ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata Kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Jadi, arti cinta dan kasih hampir sama, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan.

Pengertian tentang cinta yang dikemukakan oleh Dr. Sarlito W. Sarwono adalah bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Yang dimaksud dengan keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dia. Keintiman yaitu adalah kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara Anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi.

Cinta juga mempunyai 3 tingkatan, yaitu tinggi, menengah, dan rendah. Cinta tingkat tinggi adalah cinta kepada Allah, rasulallah, dan berjihad dijalan Allah. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami, dan kerabat. Sedangkan cinta tingkat rendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta, dan tempat tinggal.

Kasih sayang merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak, masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Perwujudan dari kasih sayang yang mendalam biasa disebut dengan kemesraan.

Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Namun, pemujaan telah disimpangkan menjadi sesuatu yang berbau musyrik (menduakan Tuhan). Yang pada dasarnya ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta malah menjadikannya kegiatan menyembah sesuatu agar benda tersebut mengabulkan permohonannya.

Belas kasihan merupakan cinta yang tumbuh bukan karena cakapnya, kayanya, cantiknya, melainkan karena penderitaannya. Belas kasihadalah istilah yang muncul untuk membedakan antara cinta kepada orangtua, pria-wanita, dan cinta kepada Tuhan.

Dalam kehidupan bermasyarakat sangat erat kaitannya dengan cinta kasih. Manusia pasti memiliki rasa cinta kasih, baik yang dapat diucapkan ataupun tidak. Berbangga hatilah bagi kita semua yang mendapatkan rasa cinta kasih dari orang-orang yang kita sayangi. Mencintai bukan berarti memiliki seutuhnya, namun memberikan seutuhnya. Kehidupan akan jauh lebih tentram dan damai bila tiap masyarakatnya benar-benar memahami arti dari cinta, kasih, dan cinta kasih itu sendiri.