Ilmu-ilmu yang mendasari ilmu sosial dasar,budaya dan alamiah dasar

Pada dasarnya ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu :

1. Ilmu sosial dasar

2. Ilmu budaya dasar

3. Ilmu alamiah dasar

Ilmu sosial dasar adalah ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100% benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat berubah dari saat ke saat.

Berikut ini ilmu-ilmu yang mendasari ilmu sosial dasar:

– Ilmu Sosiologi

– Ilmu Ekonomi

– Ilmu Politik

– Ilmu Antropologi

– Ilmu Sejarah

– Ilmu Psykologi

– Ilmu Geografi

– Ilmu kriminologi

Ilmu budaya dasar adalah bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

Berikut ini ilmu-ilmu yang mendasari ilmu budaya dasar:

– Ilmu Bahasa

– Ilmu Agama

– Ilmu Kesusastraan

– Ilmu Kesenian

Ilmu alamiah dasar adalah ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat berubah dari saat ke saat.

Berikut ini ilmu-ilmu yang mendasari ilmu alamiah dasar:

– Ilmu Fisika

– Ilmu Kimia

– Ilmu astronomi

– Ilmu biologi

– Ilmu geologi