Selain rasanya yang manis dan enak, ternyata manggis juga memiliki manfaat utuk kecantikkan. Kandungan antioksidannya yang lebih banyak 5x lipat dari vitamin C, mampu menangkal radikal bebas dan membuat kulit lebih awet muda. Benarkah?

Tidak hanya rasanya yang manis, buah berkulit ungu ini juga memiliki manfaat yang beragam. Dengan kandungan vitamin A, C, dan E, manggis berfungsi untuk mencegah radikal bebas dari dalam tubuh. Radikal bebas dari dalam tubuh terbentuk dari hasil metabolism tubuh yang tidak berjalan dengan semestinya. Sedangkan radikal bebas dari luar tubuh, dipicu oleh paparan sinar matahari, polusi udara, asap rokok hingga zat kimiawi yang terdapat pada asupan makanan.

Kandungan antioksidan dalam manggis juga berfungi untuk mencegah perubahan gen. Karena perubahan gen menjadi factor pencetus timbulnya sel kanker. Yang membuat kandungan antioksidannya 5x lebih banyak dibanding vitamin C adalah adanya zat catechins dalam manggis.

Tidak hanya untuk membuat awet muda, manggis juga baik untuk kesehatan. Misalnya memperlancar pencernaan dan menurunkan kadar gula dalam darah. Selain buahnya, kulit manggis berfungsi untuk menetralisir dan menurunkan kadar gula dalam darah. Dan kulit manggis ini sudah ada yang dikemas dalam bentuk kapsul. Sementara biji manggis banyak dijadikan pemanis (seperti selai) untuk dicampur dengan makanan lainnya.

Banyaknya buah yang harus dikonsumsi agar bisa bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan, dalam satu hari sebaiknya mengkonsumsi tiga buah atau sekitar 100 gram. Siapapun dapat mengkonsumsi buah manggis, tanpa batasan usia. Hanya saja, bagi penderita yang sulit menelan makanan, sebaiknya tidak menelan bijinya.

Perhatian! Buah manggis juga memiliki efek samping bila jumlah yang dikonsumsi berlebihan, maka bukan tidak mungkin timbul beberapa efek samping seperti gangguan kulit seperti gatal-gatal, batuk, bibir menjadi jontor atau bengkak.