Kali ini saya akan memberikan beberapa trik untuk latihan pemrograman PHP. Diantaranya :

Mengganti Background Secara Otomatis
Anda bisa mengganti background Anda secara otomatis artinya setiap hati selalu berganti tanpa harus Anda update setiap hari. Cara mudah sekali, cukup berikan teknik array ditambah fungsi date untuk memanipulasi tag HTML, yaitu tag Bady bgcolor. Pada trik ini, kita akan mengganti warna background yang selalu berganti otomatis setiap hari dalam seminggu (7 hari).

Skrip background.php


Hasil Skrip background.php

Jika merujuk pada skrip di atas, warna background pada hari minggu berwarna merah, senin berwarna biru, selasa berwarna hijau, dan seterusnya bisa dilihat pada pendefinisian di array $warna.

Mendeteksi Kesalahan Pada skrip
Pada trik ini akan dikenalkan salah satu fungsi PHP untuk melakukan pengecekan kesalahan pada skrip yang kita buat. Adapun fungsi yang digunakan :
set_error_handler;
Kemudian variabel-variabel kesalahan apa saja yang akan ditampilkan, diantaranya :
errno, untuk menampilkan nomor kesalahan.
errstr, untuk menampilkan keterangan kesalahan.
errfile, untuk memberitahukan kesalahan terjadi pada file apa.
errline, untuk memberitahukan kesalahan terjadi pada baris berapa.

Skrip CekError.php

Hasil Skrip CekError.php

Dengan melihat gambar di atas, kita bisa tahu bahwa kesalahan terdapat pada fil CekError.php pada baris 11, pada baris tersebut terdapat kesalahan pembagian dengan nol : 13/0 (division by zero), dan seperti kita ketahui bahwa pembagian bilangan dengan nol sangatlah terlarang.

Membuat Password Generator
Password generator adalah password yang dibangkitkan atau dihasilkan secara acak. Aplikasi yang saya buat masih sangat sederhana, semoga hal ini bisa membuat anda semakin semangat untuk mengembangkannya menjadi lebih kompleks.

Skrip Nama.php

 

Skrip Pass_gen.php

Jalankan skrip nama.php, lalu isikan pada Nama, misalnya Ika Prestika, kemudian tekan tombol Generate Paasword. Tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Hasil Skrip Nama.php

Setelah tombol Password Generate ditekan, nama yang dimasukkan akan diproses oleh skrip Pass_gen.php untuk diberikan password acak secara otomatis.

Hasil Skrip Pass_gen.php


Sekian trik PHP yang saya berikan. Bila ada waktu luang akan segera saya tambahkan.
Terima Kasih. =)