Abad 21 telah diprediksi sejak lama sebagai awal perubahan dunia. Perubahan ini tidak lain disebabkan oleh kemajuan teknologi yang sangatlah pesat. Kemajuan teknologi memang tidak bisa dihindari semenjak masyarakat merasakan berbagai kemudahan yang disediakan oleh perangkat teknologi, contohnya komputer, telepon genggam, internet, dll. Kebutuhan masyarakat akan hal itu yang memacu para ahli untuk menciptakan teknologi yang lebih dan lebih mutakhir.

Kemajuan teknologi informasi bila dilihat dari berbagai sudut pandang bisa bernilai negatif, namun bisa pula bernilai positif. Penilaian negatif didapat dari berkurangnya jumlah pegawai yang dipekerjakan dalam suatu perusahaan, disebabkan pekerjaan mereka diambil alih oleh sosok komputer. Bahkan di Negara maju seperti Jepang telah mempekerjakan robot sebagai pelayan restoran. Bagi pemilik usaha, benda mati seperti komputer atau robot dapat memberikan keuntungan lebih besar. Sungguh tragis nasib buruh yang tidak memiliki keahlian khusus. Ternyata saat ini kemajuan teknologi tidak hanya mengancam orang-orang yang tidak memiliki keahlian, pekerjaan seperti dokter pun mulai dirampas oleh kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi memang tidak pandang bulu, pekerjaan serumit, sesulit, dan sebanyak apapun akan tetap dilakoni.

Sisi positif dari kemajuan teknologi informasi juga tak kalah banyak. Hal ini telah banyak membantu menyelesaikan berbagai masalah, mulai dari pendidikan hingga penanggulangan bencana yang sulit diprediksi. Menyelesaikan masalah dengan mudah dan cepat merupakan motto teknologi. Hal ini yang menggeser kedudukan manusia dipekerjaannya, namun mendatangkan pekerjaan baru bagi siapa pun yang dapat menaklukkannya.

Kemajuan teknologi informasi terjadi diberbagai bidang, seperti :

1. Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenal sebagai CBE (Computer Based Education). CAI (Computer Assisted Instruction) digunakan para pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran. Selain itu komputer juga dapat digunakan untuk meyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar, dan soal-soal ujian maupun latihan.

2. Bidang Komunikasi
Komputer bisa mengirim dan menerima pesan dari komputer yang lain sampai beribu-ribu kilometer jauhnya. Telekomunikasi adalah proses pertukaran pesan di beberapa sistem komputer atau terminal melalui alat media seperti telepon, telegraf dan satelit. E-Mail ialah surat elektronik yang dikirim melalui komputer, salah satu bentuk komunikasi dengan menggunakan komputer. MODEM (Modulator/Demodulator) diperlukan untuk menukar pesan komputer kepada isyarat audio supaya dapat dikirim melalui jaringan telepon.

3. Bidang Transportasi
Komputer digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas. Di Negara maju kereta dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer. Jalan raya juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan memberikan pesan kepada komputer pusat untuk memudahkan pengendalian jalan raya tertentu.

4. Bidang Industri
Komputer digunakan di dalam bidang industri (CAM – Computer Aided Manufacturing) untuk menghasilkan produktivitas kinerja yang tinggi, mengurangkan biaya dan menangani masalah kekurangan tenaga kerja. Misalnya, robot diciptakan untuk menjalankan semua kerja dengan mengikuti arahan yang diberikan melalui komputer seperti memasang komponen-komponen kereta atau membukanya kembali, membersihkan minyak dan menyembur cat dalam industri pemasangan kereta. Untuk merancang sebuah mobil digunakan CAD – Computer Aided Design.

5. Bidang Keamanan
Komputer juga dicipta untuk tujuan perperangan dalam sistem senjata, pengendalian dan komunikasi. Kapal perang dan kapal terbang yang modern dipasang dengan peralatan komputer yang canggih untuk membantu dalam melakukan navigasi atau serangan yang lebih tepat. Komputer juga digunakan untuk latihan simulasi perperangan bagi calon prajurit untuk mengurangi biaya.

6. Bidang Rekreasi
Komputer digunakan sebagai satu sumber alat rekreasi untuk orang ramai dimana permainan komputer, video games dan sebagainya mengandung banyak cip-cip elektronik di dalamnya. Komputer juga digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis alat rekreasi yang canggih seperti roller coaster.

7. Bidang Ekonomi
Komputer sangat membantu untuk memproses data dalam jumlah yang banyak seperti di tempat-tempat perbelanjaan untuk menyimpan hasil transaksi yang terjadi, inventaris persediaan (stock) barang, pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain. Selain tunai pembayaran juga dapat dilakukan secara elektronik dengan menggunakan credit card atau debit card.

8. Bidang Seni
Synthesizer kini popular digunakan untuk meniru bunyi alat-alat musik tradisional seperti bunyi gitar dan piano. Komputer juga digunakan dalam berbagai proses penciptaan lagu seperti penyusunan dan rangkaian (sequencing) nada. Grafik komputer merupakan bidang yang pesat dimajukan kini. Komputer juga telah digunakan untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan untuk menghasilkan “special effects”.

9. Bidang Kesehatan
Pada Rumah Sakit modern, komputer digunakan untuk membantu dokter menjalankan tugasnya seperti mendiagnosis penyakit, menghasilkan gambar sinar-X bergerak (CAT – Computer Axial Tomography), membantu orang cacat seperti menghasilkan alat membaca dengan teks khusus bagi orang tuna netra. Selain itu untuk menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian para karyawan RS, mengelola persediaan stock obat-obatan.

10. Bidang Geografi
Komputer digunakan untuk penyelidikan tenaga nuklear dan pemrosesan data, penyelidikan kawasan minyak. Komputer juga digunakan untuk penelitian angkasa lepas dan penyelidikan asas dalam sains dan matematik. Komputer juga digunakan dalam ramalan cuaca seperti mengambil gambar awan dan dikirim ke bumi. Di bumi para ahli cuaca akan meramal cuaca pada ketika itu. Selain itu, adapula alat pendeteksi tsunami dan gempa.