Ponsel telah merajarela, saat ini yang sedang booming tipikal handphone semi PDA dan Qwerty. Tentu saja jika anda salah satu pemilik ponsel mahal tersebut akan benar-benar merawat agar ponsel anda tidak mengalami kerusakan akibat terjatuh, terkena air atau lain sebagainya sehingga anda akan menambahkan aksesoris pada ponsel anda sebagai safety, seperti screen guard, kondom, mika, atau sarung kulit. Sangat repot bukan. Untuk anda yang berjiwa praktis, ada beberapa ponsel yang tahan menghadapi kondisi yang paling ekstrem sekalipun, seperti terendam air, lumpur, atau jatuh dari ketinggian –dan dilangkapi fitur yang canggih–.  Berikut contohnya :

Samsung B2100 Extreme


Sesuai dengan julukannya, ponsel ini dirancang untuk menghadapi kondisi-kondisi ekstrem. Tetap ON meski kecemplung di air, hanya lecet-lecet sedikit meskipun digilas mobil, enggak ngaruh walaupun belepotan lumpur. Bahkan masih hidup dan siap fungsi meski habis terjatuh dari ketinggian 3 meter. Extreme dirancang untuk itu, oleh karenanya ponsel ini dibalut body yang dirancang khusus untuk tahan kondisi ekstrem, diantaranya seal karet untuk menutup celah-celah body serta material dan struktur body yang tahan banting. Untuk ketahanan, ponsel ini telah memenuhi sertifikasi IP57, yakni sertifikasi ketahanan melalui uji coba tertentu pada perangkat elektronik disebuah laboratorium di Eropa. Di ponsel ini, Samsung menyematkan pemutar video MPEG4, H.263, 3GP dan pemutar audio MP3, AAC, AAC+, WMA, AMR, MIDI, dan WAV. Selain itu, terdapat radio FM sebagai pelengkapnya. Sementara kemampuan kamera 1,3 megapixel dengan perekam video (15 fps) ikut memperkuat ponsel berdimensi 113×48,9×17,4 mm dan berat 103 gr ini. Samsung jual ponsel ini dengan harga yang kompetitif, yakni 1,6 juta hingga 1,8 juta rupiah per unitnya.

Sonim XP3.20 Quest


Sonim XP3.20 Quest diklaim sebagai ponsel paling tangguh. Selain baik-baik saja satelah dijatuhkan dari ketinggian 6,5 kaki atau sekitar 2 meter, ke permukaan semen, XP3.20 Quest tahan diceburkan kedalam air selama 30 menit. Tidak hanya itu saja, ponsel ini masih bisa beroperasi pada suhu ekstrem, antara -20oC dan 55oC. Keren kan?

Dari sisi layar, gadget ini pun tak kalah kuatnya. Layarnya terbuat dari bahan yang tahan kejutan (shock-resistant) serta lulus sertifikasi uji militer MIL-810F. MIL-810F merupakan sertifikasi uji militer untuk ketahanan terhadap kelembaban, garam, kejutan, dan panas. Ketangguhan tak berhenti sampai di situ. Daya tahan baterainya yang berjenis lithium-ion mampu bertahan hingga18 jam waktu bicara. Speaker custom-nya pun bisa menghasilkan suara hingga 110 db atau sekitar 45% lebih kuat dibanding ponsel lainya. Untuk fiturnya, ponsel ini memasang kamera beresolusi 2MP dengan built-in flash juga radio FM. Tersedia juga fitur Bluetooth, GPS, browser opera mini WAP, J2ME Java for Mobile, slot kartu memori 2 GB, serta lampu senter. Ponsel ini dibandrol sekitar US $399 atau sekitar 4 juta rupiah.

Casio G’zOne Boulder


Casio G’zOne Boulder merupakan ponsel bersertifikasi militer. Karenanya ponsel ini mampu bertahan dalam kondisi sangat ganas. Merki tergolong ponsel tangguh, desain flipnya terlihat trendi, bahkan ada fasilitas layar eksternal pula. Soal fitur, G’zOne Boulder, bolehlah. Ponsel ini didukung kamera digital 1,3 MP, support EV-DO Rev.A sampai kompas elektronik. Fitur multimedianya, dari musik sampai video bisa dibilang tak mengecewakan. Casio G’zOne Boulder dilego dikisaran US $220 atau sekitar 2,2 juta rupiah.

Land Rover S1


Land Rover dikenal sebagai merk mobil yang sangat tangguh dalam berbagai keadaan. Nah, seperti itu jugalah gamabaran ponsel Land Rover S1, tahan terhadap segala macam keadaan. Bayangkan direndam dalam air mendidih 100oC dan berada dalam suhu -20oC, ponsel ini masih tetap bisa digunakan. Ketahanan lain, bila ponsel ini dibenamkan di air atau cairan lainnya sampai diinjak gajah, ponsel ini pun masih tetap bisa digunakan. Yang ekstrem, ketika dilindas truk seberat 3 ton, ponsel masih tetap bisa dipakai. Land Rover S1 dilengkapi kamera 2 MP, baterai yang mampu bertahan hingga 1.500 jam dan ringtone yang keras sehingga pengguna akan cepat mengetahuinya. Ponsel ini dilego sekitar US $490 atau 4,9 juta rupiah.