Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit yang sehat sehingga kecantikan diri akan lebih terpancar. Namun, kebanyakan wanita jaman sekarang lebih memilih kosmetik yang kemasannya cenderung lebih praktis dibanding membuat racikan dari bahan alami. Yang lebih disayangkan pemilihan produk kosmetik hanya demi gengsi semata tanpa memperhatikan apakah kandungan di dalamnya berbahaya atau tidak, juga apakah cocok dengan kulit wanita Indonesia yang tinggal di daerah tropis. Karena produk kosmetik yang banyak beredar didesain untuk penduduk Negara empat musim.

Oleh sebab itu, mulai sekarang selektiflah dalam memilih produk perawatan kulit dan kecantikan. Berikut ini akan diberikan contoh bahan alami yang cocok untuk wanita Indonesia.

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Selain madu, lidah buaya termasuk rahasia kecantikan Cleopatra. Konon ia sering menggunakan gel lidah buaya untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan membuat kulit lebih awet muda. Namun, lidah buaya masih banyak manfaat lain lho.. Yang paling terkenal sejak dulu, kemampuan meredakan gatal-gatal dan luka di kulit serta mambantu membunuh jamur dan bakteri di kulit. Hmm, jadi selain dipastikan bisa melembabkan dan melembutkan kulit, lidah buaya juga memastikan kulit lebih sehat. Memiliki kulit sehat dan cantik sekaligus bukan impian lagi!!

Teh Hijau (Green Tea)

Tak terhitung lagi berapa banyak penelitian manfaat teh hijau bagi kulit yang pernah dilakukan para ahli. Hasilnya, teh hijau dipercaya memiliki antioksidan istimewa berupa anti-aging yang mempu menghambat penuaan dini alias membuat kulit lebih awet muda. Tak hanya itu, kemampuan paling canggih teh hijau adalah melawan sinar matahari. Kalau kulit anda sering kali terekspos radiasi sinar UV, sistem imun kulit bekerja lebih lamban. Praktis, kulit lebih cepat kering dan timbul keriput. Teh hijau dapat meningkatkan kemampuan perlindungan kulit terhadap sinar matahari sehingga kulit lebih sehat dan segar.

Alpukat (Avocado)

Siapapun tahu alpukat dikenal sebagai sumber dahsyat vitamin E yang merupakan antioksidan penangkal radikal bebas efektif buat kulit. Dibilang efektif, kulit sehat jadi jaminan mutu buat mereka yang rajin mengkonsumsi alpukat atau memanfaatkanya dalam bentuk ekstrak alami. Dan tak kalah dengan teh hijau, alpukat juga sunscreen berkekuatan baja –-bahkan lebih efektif ketimbah jojoba, kelapa, dan minyak zaitun! Selain vitamin E, alpukat juga kaya vitamin C yang diperlukan dalam produksi kalogen, si penanggung jawab sel baru penangkal virus dan bakteri. Dengan segala manfaat itu, losion, pelembab wajah, atau kosmetik yang mengandung ekstrak alpukat sanggup menetrasi kulit lebih cepat sehingga hasilnya lebih lembut dan lembab.

Bengkuang

Pasti ekstrak bengkuan sangat akrab di telingan anda. Maklum, kebanyakan wanita Indonesia memimpikan kulit yang putih bersih dan bengkuanglah satu diantara sekian banyak bahan alami yang dipercaya bisa membantu mewujudkan mimpi itu. Dan memang benar, para ahli mengemukakan bengkuang yang dijuluki umbi penyejuk itu mengandung zat antioksidan yang berfungsi memutihkan dan membuat kulit bersinar. Ngomong-ngomong kenapa dibilang umbi penyejuk, karena selain membuat kulit putih dan cemerlang, bengkuang juga jagonya membuat kulit segar. Wow, kulit putih, halus, cerah bersinar, dan segar? Perfecto!!

Mangir

Dari deretan banyak kekayaan alam yang disebutkan diatas, bisa dibilang mangir paling Indonesia. Mangir dipercaya sejak ratusan tahun lalu sebagai bahan terpercaya perawatan kulit atau lulur para wanita keratin Jawa. Lalu apa manfaat mangir sampai-sampai para wanita ningrat berdarah biru suka memakainya? Dalam singgungan dengan sinar matahari, seperti teh hijau dan alpukat, mangir juga membuat kulit terhindar dari dehidrasi, kusam, dan terbakar. Sedangkan manfaat lainnya membuat kulit segar dan wangi. Tapi kembali ke pertanyaan awal soal mangiryang sangat Indonesia, keunikan mangir tidak menjanjikan kulit tampak lebih putih layaknya ekstrak bengkuang melinkan menjaga kulit tetap kuning langsat khas wanita Indonesia.