Rambut adalah mahkota. Slogan yang dikenal dari jaman dulu ini ternyata masih berlaku sampai sekarang. Soalnya trend mode rambut yang keren tidak bisa Anda tiru kalo rambut Anda lepek. Tapi tenang aja, disini saya akan kasih tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi rambut lepek.

Ciri-ciri rambut lepek adalah :

  1. Keliatan tipis
  2. Menggumpal dan susah ditata
  3. Cenderung berminyak

Biasanya rambut lepek itu disebabkan oleh hormone, diet dan terkena panas yang berlebihan.

Cara merawat rambut lepek :

1.    Sering-sering keramas
Untuk mengatasi rambut lepek, sebaiknya Anda keramas setiap hari. Karena kadar minyak pada rambut lepek lebih besar, dan dengan banyaknya minyak, kulit kepala dan rambut Anda mudah dihinggapi debu dan kotoran. Kalo tidah rajin keramas, debu dan kotoran ini akan menjadi cikal bakal ketombe.
2.    Pilih sampo dan kondisioner yang tepat
Jangan sembarangan menggunakan sampo dan kondisioner. Pilih sampo dan kondisioner khusus untuk rambut berminyak. Gunakan clarifying shampo untuk menghilangkan semua minyak yang tertinggal dari produk penataan. Kemudian urut kulit kepala Anda dengan lembut. Satu lagi yang penting, selalu bilas rambut dengan bersih.
3.    Jangan sering diikat
Rambut yang lepek sebaiknya jangan sering diikat. Karena kandungan minyak yang ada di rambut menjadi menggumpal dan rambut menjadi tambah lepek, karena kekurangan sirkulasi yang mengakibatkan keringat berlebih di kulit kepala saat rambut diikat. Sebaiknya biarkan rambut terurai alami.
4.    Keringkan rambut dengan suhu dingin
Proses pemanasan akan mengaktivasi kelenjar minyak di kulit kepala. Penumpukan minyak di kulit kepala dapat juga membuat rambut terlihat menggumpal dan menempel pada kulit kepala atau disebut rambut lepek. Oleh karena itu, hindari rambut dari panas-panasan, seperti hair dryer. Keringkan rambut secara alami atau dengan suhu dingin.
5.    Keringkan dengan cara terbalik
Supaya rambut terlihat lebih tebal, gunakan trik ini saat mengeringkan rambut. Tundukan kepala hingga rambut terbalik mengarah ke bawah, kemudian keringkan dengan hair dryer suhu dingin. Setelah kering, sisir rambut seperti biasa, dan tegakan kepala. Dengan cara ini rambut Anda terlihat lebih tebal.
6.    Gunakan volumising foam
Untuk acara tertentu, Anda bisa menggunakan volumising foam, yaitu foam yang bikin rambut Anda kelihatan lebih bervolume alias lebih tebal. Cara pemakaian foam berbeda-beda, tergantung dari petunjuk produknya masing-masing.
7.    Rajin sisiran
Menyisir rambut adalah kegiatan sederhana tapi ternyata sangat bermanfaat untuk rambut lepek Anda. Sisiran bikin kandungan minyak pada rambut dan kulit kepala menjadi merata. Sehingga, kandungan minyak ini tidak menggumpal pada bagian tertentu. Sisirlah rambut dengan lembur setiap bangun tidur, sebelum bepergian, setelah bepergian dan sebelum tidur.
8.    Kurangi pemakaian produk penataan rambut
Jangan terlalu sering menggunakan produk penataan rambut. Karena jika tidak dibersihkan dengan teliti, sisa-sisa kandungan pada produk tersebut akan erus menempel pada rambut dan membuat rambut semakin berminyak karena kotor.

Setelah Anda membaca tips-tips di atas, cepet-cepet praktekin. Supaya rambut yang selama ini lepek dan bikin nggak pede juga cepet-cepet hilang. Terus bisa coba trend rambut yang sedang ‘in’ deh..