Sang Pemimpi


  • Pemain                : Lukman Sardi, Mathias Muchus, Nazril Irham, Rieke Diah Pitaloka, Vikri Septiawan, Rendy Ahmad, Azwir Fitrianto
  • Skenario              : Salman Aristo, Mira Lesmana, Riri Riza
  • Sutradara            : Riri Riza
  • Produksi              : Miles Films dan Mizan Production
  • Produser             : Mira Lesmana
  • Durasi                 : 128 menit

Film ini adalah lanjutan dari film Laskar Pelangi. Cerita Laskar Pelangi yang ditutup dengan pertemuan Ikal dan Lintang. Tak disangka itulah pertemuan terakhir mereka karena sejak saat itu keberadaan Lintang tidak diketahui. Satu sumber hilang , sumber yang lain dating. Ikal (Lukman) memiliki saudara jauh Arai (Nazril Irham). Maka, alur kilas balik bergulir. Ikal kecil dan ayahnya (Mathias) menjemput Arai yang baru saja ditinggal mati ayahnya. Lalu Arai tinggal bersama keluarga Ikal. Memasuki SMA, Arai remaja (Rendy) beserta Ikal remaja (Vikri) berkenalan dengan Jimbron (Azwir). Tiga sekawan ini menjalani petualangan seru.

Darah muda Ikal dibakar dengan perkataan Pak Balia (Nugie). Guru yang satu ini menyebut Ikal dan teman-temannya para pelopor. Satu pesan yang selalu digemakan Balia, jelajahi Indonesiamu yang luas. Jengkali Afrika yang eksotis, lalu berlabuh di Eropa yang megah. Mimpi lawas Ikal untuk kuliah di Paris kembali membara. Ikal, Arai dan Jimron mencari pekerjaan sambilan. Menjadi kuli pelabuhan hingga bekerja di rumah makan mereka lakoni. Ketika uang terkumpul, tragedy mendera. Harga timah ambruk dan PN Timah limbung, banyak karyawan dipecat. Nasib ayah Ikal ada di ujung tanduk. Ayah yang tak pernah menyerah. Ayah yang selalu mengenakan baju safari saat mengambil rapor anaknya.

Semakin menyelami kisah hidup Ikal, semakin kami sadar Ikal bukanlah siapa-siapa. Ikal, anak yang mudah diayun bimbang. Namun ia beruntung di kelilingi figur-figur yang menginspirasi seperti Lintang, Arai, dan ayahnya sendiri.

Sang pemimpi diperkuat aktor dan aktris pendukung dengan akting yang ciamik. Jika Anda berharap dapat bermain-main perasaan saat menonton film ini, harapan Anda akan terpenuhi. Film ini cenderung membuat penonton tertegun, berfikir, dan tanpa sadar memori Anda akan mengingat sesuatu tentang ayah. Lalu air bening itu mengendap di pelupuk. Salah satu momen itu terjadi saat Ikal menjadi berandalan dan berujung pada nilai rapor yang jeblok. Saat itu ayahnya hanya menatap Ikal lalu mengucap salam. Saat itulah rasa bersalah menghantam egonya. Berujung pada sebuah adegan yang menjadi puncak kesedihan film ini.

Sama halnya dengan Laskar Pelangi, Sang Pemimpi memiliki libido yang sangat tinggi dalam menyampaikan pesan. Di awal cerita, Riri mengajak diskusi penonton soal toleransi beragama. Lalu menasehati dalam kondisi sudah maupun sebaliknya tetap peduli terhadap kesusahan orang lain. Ia juga memaparkan seni menyanyi di ranah melayu yang sangat eksotis, juga potret usia 17 tahun yang menuntut untuk mencoba ini dan itu. Namun pesan terbesar dari film ini adalah penghargaan terhadap ayah. Anda akan sadar bahwa ayah Anda, yang mungkin kolot, yang mungkin bikin Anda keki, adalah ayah juara satu di dunia.